Sabtu, 11 Juni 2016

Hatimu gundah? Ingin tahu obat hati ?

"Jika hati terasa gundah.. inilah obatnya(yang di gambar) Kawan dalam hidup ini ada suka dan duka. Ada senang dan ada sedih. Jika kau gembira gembira lah seadanya jangan berlebihan dan jika kau sedih, sedih lah seadanya jangan berlebihan.Sesungguhnya yang berlebihan itu sifatnya setan.

Bisa saja yang kau anggap baik tapi itu tak baik bagimu, bisa saja yang kau anggap tak baik padahal teramat baik bagimu. Tuhanmu lebih mengetahui dari pada engkau."
Inilah status yang saya tulis di instagram saya (silahkan follow : gita miratul khatulistiwa atau @gitamiratul).

Kawan kita boleh bersedih. Tapi bersedihlah sewajarnya. Jangan berlebihan. Aku juga pernah d posisi kalian pernah galau dan di timpa rasa sedih yang menyat hati. Tak sanggup untuk bangit. Dan tak tahu harus melalukan apa. Tapi lambat laun. Ikhlas lah jawabnnya, sabar adalah jawabannya. Jika engkau sudah ikhlas dan sabar, insya Allah engkau sudah terlewat dari kesedihan itu.

Ku ceritakan kisahku kawan yang membuatku gundah mungkin kau akan berkata lebih berat gundah dan sedihkmudari pada aku. Yah.. aku tahu itu.tapi,ingatlah satu hal Tuhan tak akan memberi cobaan di luar batas kemampuan umatnya.

Caraku melawan kesedihan adalah bercerita kepada orang yang ku anggap percaya sahabatku dan juga ibuku. Karena ibuku lah aku dapat bertahan seperti ini. Aku gundah aku jadi sering menulis untuk menguragi gundahku.

Ibuku selalu memberikan semangat untukku dalam menjalani ini semua. Jika tak ada ibuku tak tahu aku harus berbuat apa.

Sobat, ku beritahu kau satu hal. Cinta kepada orang tak boleh lebih dari cintamu kepada Allah. Karena Tuhan tak suka itu. Cinta lah kepada pasanganmu karena Allah. Karena Allah lah pembolak balik hati manusia.

Kawan kuheritahu kau satu hal aku memang sedih dan larut dalam gundah waktu itu.
Tapi itulah hikmah di balik semua. Shaltku semakin terjaga. Yang biasanya aku sering di akhir waktu tapi sekarang aku lebih tepat waktu dalam shalat dan aku mintak kepada Allah untuk menenangkan hatiku. Hanya Dia yang bisa menenagkan jiwa kawan.

Sekarang bulan ramadhan. Bulan penuh ampunan dan bulan penuh berkah. Bulan yang dimana banyak pahala jika kau berbuat kebaikan.

Ketahuilah kawan bahwasanya
"Allah tak akan memberikan ujian kepada hambanya melampaui kemampuam hambanya".
Allah hanya ingin kau ingat kepadanya. Bahwasanya hanya dia tempat mengadu, hanya dia tempat kau menyembah.

Waktu aku gundah aku sering shalat sunah baik itu siap shlat fardu ataupun shalat dhuha dan istiqoroh. Membaca alqur'anpun aku berurai air mata.
Aku sering mendengar lagu religi.
Aku sering mendegar lagu opick waktu itu yang berjudul " tiada duka yang abadi, obat hati, rapuh".

Dalam lirik lagu tiada duka yang abadi dibawakan opick sangat menyejukkan jiwa apalagi suaranya yang mendayu-dayu yang kata-katanya

"Tiada duka yang abadi di dunia
Tiada sepi merantaimu selamnya
Malam kan berakhir hari kan berganti
Takdir hidup kan di jalani.

Tangis dan tawa nyanyiam yang mengirigi
Hati yang rindu tanda cinta di jalanny
Namunku percaya hati menyakini
Semua akan indah pada akhirnya.

Andaiku ku bisa mengulang waktu hilang dan terbuang
Andai bisa perbaiki segala yang terjadi
Tapi waktu tak kembali detik tak kembali
Ampunkan hambamu ini "

Lagu ini sangat menyejukkan jiwa kawan. Kau dengarkan lah lagunya. Karena kitika kita gundah nyanyian bisa mengurangi gundahmu.

Adapun Obat hati itu adalah :
1. Baca alqur'an dan maknanya
2. Shalat malam dirikanlah
3. Berkumpullah dengan orang shaleh
4. Perbanyak lah berpuasa
5. Zikir malam perpanjanglah
Salah satu siapa bisa menjalani semoga Allah mencukupi.

Tidak ada komentar: